"Peran Lulusan Psikologi"
15.31.00 | Author: Lumpia Isi Agar-agar
Pada awalnya ilmu psikologi selalu dikaitkan dengan bidang klinis, dimana profesi psikolog mempunyai lahan garap menangani orang-orang yang mengalami hambatan, kelainan dan gangguan psikologis. Contohnya ketika Freud menangani Anna O. Bermula dari inilah Freud kemudian mengembangkan teorinya yang sekarang kita kenal dengan psikoanalisis.

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental manusia. Hal ini menyebabkan bidang garapan psikologi sangatlah luas. Belajar, mengingat, berpikir, kesadaran, perkembangan manusia, atribusi, hubungan interpersonal dan hubungan intrapersonal adalah beberapa dari sekian banyak yang dipelajari dalam ilmu psikologi.

Dewasa ini peran lulusan psikologi memberikan kontribusi sangat penting dalam berbagai bidang. Hal ini sangat berbeda dengan awal perkembangan ilmu psikologi yang selalu dikaitkan dengan bidang klinis. Seiring dengan bertambahnya waktu, ilmu psikologi merambah ke berbagai bidang. Diantaranya yaitu, bidang sosial, bidang pendidikan, bidang industri dan organisasi, dan bidang riset dan penelitian.

Pada bidang sosial, lulusan psikologi dapat memberikan kontribusinya pada individu atau kelompok dalam kehidupan sosialnya. Selain ilmu psikologi berfungsi untuk memberikan penjelasan-penjelasan mengenai fenomena sosial yang sedang terjadi.

Pada bidang pendidikan peran ilmu psikologi dekat dengan bimbingan dan konseling, Guru, Dosen dan ahli pendidikan. Ilmu psikologi dalam bidang pendidikan berfungsi untuk mengatasi kesulitan belajar, mengidentifikasi dan mengembangkan potensi siswa, menerapkan strategi belajar yang baik dan lain-lain.

Mengelola sumber daya manusia adalah peran ilmu psikologi dalam bidang industri dan organisasi. Bidang industri dan organisasi merupakan bidang yang banyak digemari para lulusan sarjana psikologi. Pada bidang ini peran ilmu psikologi berguna bagi kelompok maupun individu. Penanganan individu berhubungan dengan stress kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja dan lain-lain. Mengelola jenjang karier, budaya perusahaan, mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan efektivitas kerja adalah peran ilmu psikologi pada industri dan organisasi dalam kelompok.

Terakhir adalah peran ilmu psikologi dalam bidang riset dan penelitian. Bidang ini berfungsi untuk pengembangan konsep psikologi serta aplikasinya. Diharapkan dengan adanya bidang riset ini ilmu psikologi dapat lebih berkembang serta dapat meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
This entry was posted on 15.31.00 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: