"KALI CODE.. OH KALI CODE.."
15.20.00 | Author: Lumpia Isi Agar-agar
Dalam kehidupan bermasyarakat dewasa ini lingkungan yang bersih dan nyaman merupakan dambaan bagi setiap individu. Namun terdapat beberapa elemen masyarakat yang kurang beruntung sehingga harus menempati tempat yang kurang layak untuk ditempati, berlindung dari sengatan matahari ataupun derasnya hujan.

Kali code merupakan sebuah sungai yang mengalir di daerah kota Yogyakarta. Yang menjadi pokok permasalahan adalah lingkungan di sekitar kali code. Pemukiman penduduk yang sangat padat (dan beberapa di antaranya kumuh), sampah, kemiskinan adalah sebagian kecil permasalahan yang ada di lingkungan sekitar kali code. Bisa dikatakan daerah di sekitar kali code adalah pemukiman yang tidak sehat. Permasalahan lingkungan yang kompleks di sekitar lingkunan kali code menimbulkan berbagai macam dampak negatif, diantaranya yaitu :
1. sanitasi kurang
2. kurangnya privasi
3. Tingkat stress dan kecemasan meningkat
4. agresivitas yang tinggi
5. sumber penyakit.

Banyak dari penduduk di sekitar kali code bekerja pada sektor informal, diantaranya ada yang menjadi pemulung, buruh bangunan dan pengamen. Penghasilan yang tidak tetap membuat mereka semakin terjepit di tengah-tengah kota Yogyakarta yang semakin hari semakin dipenuhi dengan mall-mall dan tempat hiburan lainnya.

Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya lingkungan kumuh (slump area) seperti yang terjadi di lingkungan sekitar kali code adalah :
1. kemiskinan
2. kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan
3. situasi ekonomi dan politik yang tidak menentu
4. rendahnya tingkat pendidikan
5. jumlah penduduk yang tidak terkendali.

Dampak pemukiman yang tidak sehat tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, tetapi juga mempengaruhi perkembangan fisik dan mental pada anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang di sekitar kali code. Diantaranya yaitu :
1. tingkat agresivitas yang tinggi
2. minat dan motivasi belajar yang rendah
3. gizi buruk.
Yang menjadi pertanyaan bagi kita semua adalah : bagaimanakah solusi agar permasalahan yang ada di sekitar kali code dapat dikurangi?? Atau mungkin dapat terselesaikan??

“Ada yang ingin memberikan pendapat???”
|
This entry was posted on 15.20.00 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: